Sabtu, 02 April 2011

Otak & Antioksidan

Otak adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital bagi kehidupan manusia, sama pentingnya dengan organ tubuh yang lain seperti jantung, paru-paru, telinga, hidung, lidah atau mata. Namun, otak memiliki kelebihan yang lebih banyak darpada bagian tubuh yang lain. Dengan otak, manusia mampu menembus batas-batas kemampuannya dalam mengatasi masalah atau hambatan kehidupan. Misalnya, kita ketahui bahwa penciptaan teknologi canggih yang ada di dunia ini adalah karya dari sebuah otak. Dengan teknologi, hidup terasa lebih mudah dibandingkan dengan cara manual.


                     Gambar 1  Otak manusia

Semua orang pasti menginginkan untuk memiliki otak yang cerdas dan sehat. Selain dengan cara bagaimana otak kita bisa berkembang dengan baik, makanan keseharian yang kita santap pun harus mendukung keserdasan otak. Salah satu makanan yang akan menjaga otak tetap cerdas adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.


              Gambar 2  Top antioxidant foods
Menurut Jalaluddin Rakhmat (2006 : 53), antioksidan melindungi sel otak dari degenerasi karena usia. Bukan hanya itu, sebagaimana pasukan khusus, antioksidan mencari radikal bebas dan menghancurkannya. Pada hakikatnya, antioksidan mendorong radikal bebas untuk membunuh dirinya sendiri, tetapi yang lebih menakjubkan, antioksidan tidak hanya melucuti pasukan radikal bebas, selain itu antioksidan juga berkemampuan menghidupkan kembali sel yang sudah mati.

     Gambar 3  Antioxidant and free radical process
Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, berarti kita akan membunuh atau menghancurkan radikal bebas dalam tubuh kita sehingga otak menjadi bebas dan tetap cerdas serta dapat memperlambat proses penuaan.

Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran seperti prem, bayam, bahkan bawang dan tomat akan memperkuat antioksidan. Khususnya tomat, menurut Dr. Snowdwn, dari pusat penelitian manula di University of Kentucky menemukan bahwa semakin banyak likopen, sejenis antioksidan yang kuat dalam darah, akan semakin memperbagus ketajaman mental (mental acuity) kelompok manula. Likopen masuk ke dalam darah dengan hampir satu-satunya cara, yaitu dengan cara makan tomat. 

               Gambar 4  Buah prem

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin, mineral dan antioksidan seperti vitamin C, E, betakaroten, zat-zat karotenoid lain, mineral Zn dan Ze. Banyak hasil penelitian ilmiah menunjukkan zat antioksidan itu memberikan efek nyata dalam melindungi sel tubuh, terutama sel otak, dari berbagai penyebab kerusakan yang akan menurunkan fungsinya.

             Gambar 5  Sayur dan buah sumber antioksidan

Manfaat mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar tidak hanya menyehatkan tubuh dan mencegah penyakit degeneratif, tetapi dapat juga menyegarkan sel otak, memperbaiki fungsi, serta melindunginya dari keganasan senyawa radikal bebas yang sangat merusakkan sel otak.

Sumber :
Suryadi M, M Akhmad. 2007. Makanan Sehat untuk Otak. Bandung : PT Karya Kita.
Rakhmat J. 2006. Belajar Cerdas; Belajar Berbasis Otak. Bandung : Mizan Media Utama.

2 komentar:

  1. teh siti ahmad oge gaduh blog
    sami sareng teh siti alamatna:
    http://muhammadlog.blogspot.com/

    BalasHapus